Jumat, 01 Juli 2011

BAHAN AJAR

                                                               RANGKA MANUSIA


BAGIAN-BAGIAN RANGKA
        Bayi yang baru lahir mempunyai lebih dari 300 bagian tulang, tetapi kebanyakan adalah tulang dewasa. Jumlah tulang pada manusia dewasa menjadi tinggal 206 tulang keras. Tulang manusia dewasa terbentuk dari sel hidup yang dikelilingi oleh mineral dan zat lentur yang disebut kolagen. Rangka manusia dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu:


a. RANGKA KEPALA (TENGKORAK)
        Rangka kepala dikenal dengan nama tengkorak. Rangka tulang kepala berbentuk bulat, disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipih. Tulang-tulang ini bersatu membentuk sendi tetapi tidak dapat digerakkan. Tulangnya keras yang berguna untuk melindungi otak. Otak merupakan bagian tubuh manusia yang amat penting dan sangat lunak.
         Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulang-tulang pelindung otak dan tulang tengkorak wajah. Nama-nama tulang pelindung otak yaitu meliputi; 1 tulang dahi, 1 tulang belakang kepala, 2 tulang pelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang tapis.


                                                            GAMBAR RANGKA KEPALA

b. RANGKA BADAN
        Rangka badan tersusun mulai dari tulang leher sampai tulang ekor. Tulang leher dibentuk oleh tujuh (7) ruas tulang. Tulang leher bersambungan dengan tulang punggung hingga tulang ekor. Tulang punggung hingga tulang ekor dibentuk oleh 26 ruas tulang. Jadi, jumlah ruas tulang leher sampai tulang ekor adalah 33 ruas tulang. Tiga puluh tiga tulang ini disebut juga tulang belakang.

 
                                                      GAMBAR TULANG BELAKANG

          Pada bagian depan, tulang-tulang rusuk melekat ke tulang dada. Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang. Tulang dada terdiri atas tiga bagian, yaitu tangkai atau hulu, badan, dan taju pedang. Tulang rusuk dan tulang dada membentuk tulang dada.



                                   GAMBAR TULANG RUSUK DAN TULANG DADA

         Di atas rongga dada terdapat rangka bahu. Bahu dibentuk oleh tulang selangka dan tulang belikat.



                                                    GAMBAR TULANG GELANG BAHU


          Di badan bagian bawah terdapat rangka panggul (gelang panggul). Gelang panggul (pinggul) dibentuk oleh tulang pinggul dan tulang kemaluan.

                                                      GAMBAR TULANG GELANG PANGGUL



c. RANGKA ANGGOTA GERAK
         Rangka anggota gerak terdiri dari anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Anggota gerak atas disebut juga dengan lengan (tangan). Anggota gerak bawah disebut juga kaki. Rangka lengan dibentuk oleh tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, telapak tangan, dan tulang jari tangan.
                                                   GAMBAR TULANG ANGGOTA GERAK ATAS


        Rangka anggota gerak bawah (kaki) dibentuk oleh tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang betis, tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, dan tulang jari kaki. Tulang manusia yang terbesar adalah tulang paha.
                                                  GAMBAR TULANG ANGGOTA GERAK BAWAH 


FUNGSI RANGKA
        Satu bagian tubuh manusia berhubungan dengan bagian tubuh lainnya. Bagian tubuh yang satu mendukung kerja bagian tubuh yang lain. Fungsi rangka manusia berkaitan erat dengan bagian tubuh yang lain. Fungsi rangka dapat dibedakan berdasarkan 2 jenis, yaitu :

a. BERDASARKAN BAGIAN-BAGIAN RANGKA
    1) Tulang-tulang rangka kepala
        Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala,    antara lain otak. Apabila kepala terbentur maka otak akan terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak.

    2) Tulang-tulang rangka badan
         Susunan tulang yang disebut dengan bagian rangka badan pada rangka manusia ialah mulai dari leher  sampai dengan panggul. Tulang rangka badan terdiri atas:

        a) Tulang leher
            Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala sehingga dapat berdiri tegak. Selain itu tulang leher   juga berfungsi untuk melindungi tenggorokan, kerongkongan dan pita suara. Disamping itu susunan tulang leher memiliki bentuk yang sedemikian rupa sehingga kepala dapat bergerak dengan baik.

        b) Tulang dada dan tulang rusuk
             Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung dan paru-paru. Dengan adanya tulang rusuk dan tulang dada, organ-organ penting manusia dapat terlindungi.

        c) Tulang punggung
            Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sum-sum tulang belakang. Sumsum tulang belakang banyak mengandung sel-sel saraf. Sel-sel tersebut terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, tulang punggung berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas. 

        d) Tulang panggul
            Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah.  Tulang panggul juga berfungsi sebagai penyangga organ dalam bagian perut. Organ tersebut antara lain usus halus dan usus besar.

    3) Tulang rangka anggota gerak
         Tulang rangka anggota gerak berfungsi agar seluruh badan dapat bergerak. Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai.

b. BERDASARKAN BENTUKNYA
    Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi dalam tiga bentuk utama, yaitu tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih. Setiap tulang tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.
    1) Tulang pipa
         Tulang pipa adalah tulang yang memiliki bentuk seperti pipa. Disebut seperti pipa karena tulang ini memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga. Rongga pada tulang pipa berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak. Sumsum kuning dapat berfungsi sebagai cadangan makanan.
         Pada ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah. Sumsum merah ini berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah.

    2) Tulang pendek
        Tulang pendek memiliki fungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Tulang ini memiliki ukuran tulang yang pendek. Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah. Tulang-tulang yang termasuk tulang pendek antara lain tulang belakang, tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan kaki.

    3) Tulang pipih
        Tulang ini berbentuk pipih. Sama halnya dengan tulang pendek, tulang pipih berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Hal ini disebabkan dalam tulang pipih terdapat rongga- rongga kecil yang berisi sumsum merah. Tulang yang termasuk ke dalam tulang pipih, antara lain tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak kepala.
Namun, pada umunya tulang memiliki fungsi yaitu :
1. Menguatkan dan menegakkan tubuh
2. Menentukan bentuk tubuh
3. Tempat melekatnya otot
4. Melindungi bagian tubuh yang penting dan halus
5. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah
6. Sebagai alat gerak pasif


MEMELIHARA KESEHATAN RANGKA
         Pernahkah kalian melihat orang bungkuk? Orang menjadi bungkuk karena tulang belakangnya terlalu melengkung ke belakang. Kelainan ini dapat terjadi akibat cacat sejak lahir, terserang suatu penyakit, atau pun akibat kebiasaan sikap tubuh yang salah.

a. PENYAKIT YANG MERUSAK RANGKA
        Ada berbagai macam penyakit yang dapat merusak ataupun dapat menyerang tulang, antara lain yaitu :
   1. OSTEOPOROSIS
       Penyakit ini menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Biasanya menyerang orang lanjut usia,  terutama perempuan. Penyakit disebabkan oleh karena tubuh kekurangan zat kapur (kalsium).
       Untuk mencegah osteoporosis, orang perlu memakan makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium. Oleh karena itu, dianjurkan untuk meminum susu dan memakan ikan.

                                                         PENDERITA OSTEOPOROSIS


2. TBC TULANG
     Kuman tuberkulosis (TBC) dapat pula menyerang tulang. Tulang dapat menjadi lemah hingga bernanah. Hal ini menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Penderita harus dirawat di rumah sakit secara intensif. Pengobatan harus disertai dengan pemberian makanan yang bergizi.
    Agar terhindar dari penyakit ini, kita harus tinggal di tempat yang bersih, tidak lembab, dan cukup mendapat sinar matahari. Ventilasi rumah juga harus sebaik mungkin. 

3. POLIO
    Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama-kelamaan tulang akan mengecil. Penyakit polio dapat dicegah dengan pemberian vaksin polio. Pemberian vaksin biasanya diberikan melalui mulut pada saat anak berusia dibawah lima tahun.


                                                              PENDERITA POLIO

4. REMATIK
    Penyakit ini menyebabkan rasa nyeri pada persendian, terutama dipergelangan tangan, kaki, dan siku. Rasa nyeri disertai juga dengan pembengkakan sendi. Pada keadaan yang parah juga dapat menyerang jantung.
    Penderita rematik harus segera mendapatkan perawatan dokter. Jika tidak diobati, maka penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya.

5. RAKITIS
Rakitis merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tulang. Penyakit ini timbul karena penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderita penyakit rakitis memiliki tulang kaki yang lemah dan biasanya berbentuk X atau O karena tidak dapat menahan berat tubuh. 
 

                                                            BENTUK KAKI X

 
                                                               BENTUK KAKI O


b. SIKAP TUBUH
         Sikap tubuh yang salah berdampak buruk terhadap bentuk rangka. Bagian rangka yang paling sering terkena gangguan itu adalah tulang belakang (tulang punggung). Beberapa gangguan pada tulang belakang, yaitu :
         1. Lordosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke depan. Hal ini biasahya disebabkan sikap duduk  yang terlalu membusungkan dada ke depan.

                                                 Gambar Tulang Punggung Bentuk  Lordosis

        2. Kifosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok kebelakang. Hal ini biasanya disebabkan sikap duduk dan berdiri yang sering membungkuk atau sering membawa beban yang terlalu berat.
                                                  Gambar Tulang Punggung Bentuk Kifosis

        3. Skoliosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan. Hal ini biasanya disebabkan sikap   duduk yang sering pada posisi miring. Selain itu, sering mengangkat beban yangtelalu berat pada salah satu lengan atau bahu.
                                                  Gambar Tulang Punggung Bentuk Skoliosis

          Agar terbebas dari berbagai gangguan, berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan dengan benar.
1. Usahakan agar punggung dalam posisi tegak ketika mengangkat beban dari lantai. Jadi, tekuklah lutut  bukan menekuk punggung.
2. Usahakan agar tangan kanan dan tangan kiri membawa beban yang beratnya seimbang. Beban yang terlalu berat di salah satu lengan dapat membuat tulang punggung menderita skoliosis
3. Usahakan duduk dan berdiri selalu dalam posisi tegak

c. MAKANAN BERGIZI DAN OLAHRAGA
         Kesehatan tulang berkaitan erat dengan mutu makanan. Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah makanan yang banyak mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor. Vitamin D banyak terdapat pada ikan, susu, dan kuning telur. Kalsium banyak terdapat pada susu, kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan. Fosfor banyak terdapat pada ikan, jagung, dan kacang-kacangan.
        Olahraga yang teratur juga dapat memperkuat struktur tulang. Akan lebih baik jika kamu bisa terkena sinar matahari di pagi hari, yaitu sekitar pukul 7 pagi. Karena sinar matahari membantu proses pengubahan provitamin D menjadi vitamin D.
        Jadi, untuk membentuk rangka yang baik kita perlu makan makanan yang bergizi, memperlakukan tubuh kita dengan sikap yang benar, memperoleh cukup sinar matahari pagi, tidak mengangkat beban berat yang melebihi kemampuan tubuh, dan olahraga yang teratur.
        Makanan bergizi merupakan salah satu cara dari banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjaga kesehatan rangka tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar